Supaya Aman, Diam di Rumah

Rabu, 8 April 2020 20:11

Mulyadi Hamid

Perekonomian mulai terancam. Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS anjlok. Bahkan sudah tembus pada level di atas 16.150/US $. Harga-harga bahan pokok, termasuk kebutuhan pencegahan wabah juga melambung naik. Aktivitas produksi terbatas. Termasuk distribusi. Kegiatan transportasi dibatasi. Investasi bakal mandek. Bisa dipastikan kondisi perekonomian akan anjlok.

Pemerintah merevisi kebijakan. Termasuk kebijakan relaksasi pajak dan tingkat suku bunga. Kebijakan ini tentu bukan untuk mendongkrak pertumbuhan, tapi sekadar stabilisasi.

Acara-acara yang mengumpulkan banyak orang sudah dilarang. Bahkan diancam pidana jika tetap ngotot melaksanakan hajatan besar. Polisi sudah mulai bertindak tegas. Membubarkan kerumunan massa di tempat umum. Tentu ini upaya untuk memutus penularan covid-19 itu. Sebab, memang hanya dengan cara mengisolasi diri di rumah, penularan virus ini bisa dihambat.

Menurut ahli kesehatan, Covid-19 ini memiliki keunikan. Karena bisa menjangkiti seseorang yang tampak sehat dan bugar. Ketika dalam tubuhnya sudah terjangkit, meski pun tidak ada gejala demam atau batuk, tetapi dia sudah menjadi penghantar (carrier).

Bagikan berita ini:
6
8
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar