Tangani Wabah Corona, Pemkab Torut Gelontorkan Rp13 Miliar

Rabu, 8 April 2020 15:49

Kalatiku Paembonan

FAJAR.CO.ID, RANTEPAO– Sejumlah anggaran kegiatan pemerintahan dan pembangunan dipangkas. Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan lebih mementingkan nyawa warga ketimbang urusan yang lain.

Ia sudah merencanakan anggaran untuk urusan pencegahan penyebaran virus corona di Toraja Utara sebesar Rp13 milliar.

Anggaran tersebut mungkin masih akan bertambah tergantung kebutuhan. Tak hanya itu, ia juga sudah merancang anggaran untuk tanggap darurat yang juga tak kurang dari Rp6 milliar lebih.

Penggunaan anggaran tersebut sudah dilaporkan kepada Gubernur Sulsel dan perwakilan koordinator sub pencegahan KPK Sulsel di Makassar. Hal yang sama juga akan dilakukan dengan pihak Badan Pemeriksa Keuangan RI. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pengamanan jaringan sosial masyarakat serta kebutuhan lainnnya

“Anggaran dan penggunaanya masih akan dibicarakan dengan DPRD, sudah dikonsultasikan. Dana tersebut berasal dari dana siap pakai, serta pergeseran anggaran lainnya,” ungkap Yaya, Sekertaris Dinas Kominfo Toraja Utara, Rabu (8/4/2020).

Terpisah, Ketua DPRD Toraja Utara Nober Rante Siama mengatakan jika penggunaan anggaran tersebut masih akan dibahas bersama dengan pemerintah daerah.

Anggaran itu akan dialokasikan pada kesehatan untuk penanganan penyebaran Covid-19 dan tanggap darurat bencana alam pada sejumlah tempat.

” Pada prinsipnya berapa pun jumlahnya itu tidak ada masalah yang jelas itu memenuhi aturan dan mekanisme.Kita tetap akan berada pada fungsi pengawasan, jumlahnya akan kita bahas bersama dengan eksekutuf,” jelas Nober. (fkt/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI