Tenor Utang Terlama dalam Sejarah Indonesia, Amien Rais Kritik Keras Jokowi

Amien Rais

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Amien Rais kembali melontarkan kritik keras kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kali ini Amien menyoroti langkah pemerintah yang menerbitkan surat utang dengan tenor terlama sepanjang sejarah Indonesia, yakni 50 tahun.

Mantan Ketua MPR yang juga pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyebut, Presiden Jokowi akan pensiun dengan meninggalkan utang bagi anak bangsa.

“Pahlawan gugur sbg bunga bangsa, @jokowi pensiun meninggalkan bunga hutang bgi anak bangsa,” cuit Amien Rais melalui akun Twitternya, @Aminn_Rais, Rabu (8/4).

Menurut Amien, lembaga-lembaga rating seperti Moody’s, Standard & Poor’s akan terus memberi pemeringkatan yang bagus secara investment grade agar Indonesia digiring ke debt trup.

Debt trap merupakan istilah dalam akuntansi keuangan yang menggambarkan suatu kondisi anggara di mana upaya untuk memperoleh pinjaman atau utang digunakan justru untuk menutup pembayaran utang.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Indonesia menerbitkan surat utang dengan denominasi dolar.

Ada tiga jenis surat utang yang diterbitkan pemerintah Indonesia dengan tenor terpanjang, yakni selama 50 tahun. Nilainya mencapai US4,3 miliar atau Rp68,6 triliun (kurs Rp16.000).

“Ini adalah penerbitan terbesar dalam US bond dalam sejarah RI. Dan Indonesia juga jadi negara pertama yang menerbitkan sovereign bond sejak pandemic Covid-19 terjadi,” kata Sri Mulyani, Selasa (7/4).

Penerbitan tenor 50 tahun ini, kata Sri Mulyani, menjadi yang pertama kali juga di Indonesia dengan tenor terpanjang.

“Ini menunjukkan kepercayaan investor dari pengelolaan keuangan negara. Kita memanfaatkan 50 tahun dari preferensi tenor bond jangka panjang cukup kuat,” katanya. (pojoksatu/jpnn/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...