Trump Marah pada WHO karena Corona, Ancam Hentikan Pendanaan

Rabu, 8 April 2020 10:37

Presiden AS Donald Trump (Reuters)

FAJAR.CO.ID, WASHINGTON—Presiden Amerika Serikat, Donald Trump marah pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Buntutnya, Donald Trump telah mengumumkan rencana untuk menunda pendanaan mereka kepada Organisasi Kesehatan Dunia itu.

Donald Trump dilaporkan kurang puas dengan pendekatan ‘China-Sentris’ WHO dalam penanganan virus corona. Berbicara di Gedung Putih, pada Selasa waktu setempat, Trump mengatakan WHO melakukan beberapa kesalahan sejak COVID-19 muncul.

AS diketahui memberikan bantuan dana sekitar $ 58 juta kepada WHO tahun ini. Dan Trump mengungkapkan kekecewaannya bahwa WHO tidak memberikan informasi dengan baik terkait COVID-19 yang mestinya bisa mereka ketahui beberapa bulan sebelumnya.

“(WHO) menerima sejumlah besar uang dari AS. Kami membayar sebagian besar uang kepada mereka. Mereka salah tentang banyak hal. Mereka memiliki banyak informasi lebih awal dan mereka tidak mau, mereka tampaknya sangat China-sentris,” kritik Trump dikutip dari Metro.

Bagi Trump, WHO melakukan kesalahan terkait wabah ini dalam kaitan dengan China. “Mereka bisa menyebutnya beberapa bulan sebelumnya. Mereka bisa tahu, mereka mungkin tahu. Mereka tidak melihat apa yang sedang terjadi, mereka tidak melaporkannya,” sesal Trump.

Trump sebelumnya mengecam WHO karena mengkritik larangan perjalanan parsial China di Februari. Sumber-sumber intelijen AS juga mengklaim pemerintah komunis negara itu menyembunyikan fakta soal jumlah orang yang didiagnosis dan meninggal akibat Covid-19.

Pemerintah Cina mengatakan lebih dari 3.300 orang meninggal karena Covid-19 di seluruh negaranya. Namun, mata-mata AS mengatakan jumlah korban jiwa sebenarnya adalah lebih dari 40.000. (amr)

Komentar


VIDEO TERKINI