UMeetMe Aplikasi Besutan Telkom, Tak Kalah dari Zoom

FAJAR.CO.ID– Aplikasi yang paling popular sering disebut dengan nama Zoom. Namun, Zoom dilanda isu privasi dan keamanan, karena diketahui aplikasi tersebut tidak memiliki enkripsi end-to-end. Hal tersebut memungkinkan pesan atau informasi yang disampaikan lewat Zoom berpotensi dicuri atau disadap oleh peretas. 

Namun ternyata ada aplikasi lokal yang memiliki kemiripan dengan platform tersebut, namanya UMeetMe.

UMeetMe merupakan platform live streaming buatan lokal dari perusahaan telekomunikasi Indonesia, Telkom. 

Nama UMeetMe kembali menjadi perbincangan karena memiliki fitur yang hampir sama dengan Zoom.  

Fitur-fitur ang ada di platform ini cukup menarik. Beberapa di antaranya adalah bisa share screen atau share video Youtube. Ini memungkinkan semua peserta di room itu untuk menonton video bersama (nobar).

Setidaknya ada 3 cara mudah untuk bisa menggunakan UMeetMe dan mengandalkannya sebagai platform meeting online.

Menggunakan web

Untuk bisa menggunakan layanan ini, cukup mengakses situs resmi UMeetMe. Di sini, pengguna akan dihadapkan pada sebuah layar yang dipenuhi dengan warna merah menyala, khas Telkom.

Pengguna juga disuguhkan dengan cara mudah menggunakan video conference di platform ini.

Membuat Room

Di bagian bawah ada sebuah kolom panjang yang mengharuskan anda untuk memasukkan nama Room yang ingin digunakan. Nama Room untuk conference di UMeetMe harus menggunakan huruf dan angka tanpa jeda/spasi atau karakter di luar itu.

Bagikan

Di bagian kanan bawah ada sebuah logo bulat huruf i. Klik ikon i tersebut dan akan muncul link untuk disebar ke anggota yang ingin kamu ajak bergabung.

Layanan konferensi video terpadu berbasis internet ini juga telah digunakan untuk program pembelajaran jarak jauh, komunikasi perusahaan lintas negara, sampai digunakan untuk pemantauan arus mudik, dan fasilitas komunikasi TKI Indonesia di luar negeri dengan sanak saudara di tanah air.(jpc/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Yusran

Comment

Loading...