Keterangan Terdakwa Iptu Yusuf Bertentangan Kesaksian Kombes Totok Lisdiarto

Kamis, 9 April 2020 20:06

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sidang kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang senilai Rp1 miliar yang menyeret mantan Bendahara Brimob Polda Sulsel, Iptu Yusuf Purwantoro sebagai terdakwa kembali digelar di Ruang Sidang Kusuma Atmadja, Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (8/4/2020).

Agenda sidang yang dipimpin majelis hakim denga Ketua Zulkifli didampingi Heyneng dan Suratno kali ini, mendengar keterangan dari terdakwa Iptu Yusuf.

Dalam kesaksiannya, Iptu Yusuf mengakui, melakukan peminjaman uang kepada A Wijaya. Proses peminjaman kepada A Wijaya atas perintah mantan Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel yang kini pindah tugas ke Jakarta, Kombes Pol Totok Lisdiarto.

“Kami meminjam (ke A Wijaya) atas perintah Pak Totok (Kombes Totok Lisdiarto). Tujuannya untuk apa saya tidak tahu,” aku Iptu Yusuf menjawab pertanyaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengenai maksud peminjaman uang tersebut.

Keterangan terdakwa, Iptu Yusuf di depan majelis hakim ini, jika tidak tahu peruntukan dana yang diserahkan kepada Kombes Totok itu, bertentangan dengan kesaksian Kombes Totok pada persidangan sebelumnya.

Dalam kesaksiannya di muka persidangan, Kombes Totok mengaku, mengetahui adanya proses peminjaman antara Iptu Yusuf dengan A Wijaya.

Mantan Kapolres Gowa ini, mengatakan, pada 2018 lalu, pernah meminta tolong kepada Iptu Yusuf untuk mencarikan dana, yang diperuntukkan dalam urusan bisnis tanah.

Komentar


VIDEO TERKINI