Meningitis, Penyakit yang Membuat Glenn Fredly Meninggal

Musisi Glenn Fredly meninggal dunia pada hari ini Rabu (8/4) di Rumah Sakit Setia Mitra Cilandak, Jakarta Selatan. (Dok JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pihak keluarga menyatakan bahwa Glenn Fredly meninggal dunia akibat penyakit meningitis pada Rabu (8/4) pukul 18.45 WIB.

Lantas, apakah penyakit meningitis itu?

Meningitis adalah peradangan selaput yang menutupi sumsum tulang belakang dan otak. Peradangan tersebut diakibatkan oleh virus, jamur, parasit, obat-obatan, hingga kanker.

Tetapi jenis yang sering muncul dalam berbagai kasus adalah meningitis meningokokus, yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis.

“Ini bisa sangat serius. Ini dapat menyebabkan kerusakan otak dan gangguan pendengaran,” kata Aileen Marty, MD, profesor penyakit menular di Fakultas Kedokteran Florida International University Herbert Wertheim College of Medicine, seperti dilansir laman Health.

Marty menambahkan, dalam kasus terburuk, itu dapat menyebabkan kematian hanya dalam beberapa jam.

“Meningitis sangat umum terjadi di populasi yang tinggal di tempat yang sempit, seperti barak. Itu karena bakteri atau virus meningitis bakteri ditularkan melalui interaksi yang erat,” jelas Marty.

Gejala klasik penyakit ini adalah demam mendadak, sakit kepala, dan leher yang terasa kaku. Sedangkan gejala lainnya ialah mual dan muntah, kebingungan, kelelahan, dan meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya.

“Ini bisa disalahartikan sebagai flu berat. Tetapi karena meningitis meningokokus sangat serius, Anda harus segera mencari perawatan,” kata Marty.

Marty mengatakan pencegahan terbaik dari meningitis adalah dengan mencuci tangan. (ant/jpnn/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...