Pencegahan Penyakit Meningitis yang Diderita Glenn Fredly

Kamis, 9 April 2020 21:08

Glenn Fredly. Foto Instagram

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Penyakit meningitis kembali jadi perbincangan di masyarakat setelah meninggalnya Glenn Fredly. Penyanyi asal Ambon tersebut menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit Setia Mitra Fatmawati, Jakarta Selatan, sekitar pukul 18.47 WIB, Rabu (8/4), akibat penyakit meningitis yang dideritanya.

Di luar kasus Glenn Fredly, apa itu meningitis dan bagaimana cara mencegahnya?

Secara umum, meningitis atau dikenal juga dengan radang selaput otak biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Tapi bisa juga karena bakteri atau jamur. Gejala yang timbul biasanya termasuk sakit kepala, demam, dan leher kaku.

Perlu diketahui, pada 1990, penyebab utama meningitis adalah bakteri Haemophilus influenzae Type b (Hib). Oleh karena itu, semua anak wajib diberikan vaksinasi Hib untuk menurunkan jumlah prevalensi kasus infeksi Hib pada selaput otak.

Namun kini, penyebab meningitis sangat beragam. Diantaranya infeksi bakteri streptococcus, staphylococcus, tuberculosis, dan Neisseria meningitidis.

Dikatakan dr. Frandy Susatia, SpS., spesialis saraf dari Siloam Hospitals, meningitis dapat dicegah dengan vaksinasi. Selain vaksinasi, penyakit meningitis atau infeksi selaput otak bisa dicegah dengan deteksi dini dan perawatan pengobatan. Ini dilakukan agar penyebaran tidak meluas dan merusak jaringan di sekitarnya.

Namun harus dibarengi dengan menerapkan cara hidup sehat. Jika dilakukan, hal tersebut terbukti ampuh untuk mencegah berbagai penyakit termasuk meningitis.

Komentar


VIDEO TERKINI