Rapim dengan Danlanud Jajaran, Panglima Koopsau II Lakukan Vicon

Panglima Koopsau II Marsda TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S, melakukan Vicon dengan para Danlanud Jajaran.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsda TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S, terpaksa melakukan rapat online melalui Video Confrensi (Vicon) dalam Rapat Pimpinan (Rapim) dengan para Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Jajaran, di Ruang Kerjanya, Kamis (9/4/2020).

Pangkoopsau II melakukan hal ini, karena karena kondisi dalam keadaan pademik Covid-19 yang mengharuskan Physical Distancing dan Sosial Distancing. Dalam Rapim secara online ini, Pangkoopsau II menyampaikan beberapa penekanan kepada para Danlanud terhadap sasaran dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kita berupaya supaya tidak ada anggota TNI Angkatan Udara yang tertular virus corona. Agar sasaran tersebut tercapai, maka para Komandan harus melakukan beberapa strategi seperti membatasi anggota untuk keluar pangkalan, tidak melakukan kegiatan yang menghadirkan banyak orang, seluruh anggota wajib menggunakan masker, memperhatikan kebersihan diri, kebersihan pakaian, kebersihan lingkungan kerja dan kebersihan rumah,” perintah Pangkoopsau II Donny Ermawan dalam Rapim Online tersebut.

Dikatakan Donny Emawan, strategi berikutnya, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas dengan pola hidup yang sehat, menjaga pola makan dengan makanan yang cukup dan bergizi, minum vitamin, tidur dan istirahat yang cukup, berolah raga yang teratur dan terukur, memberikan pemahaman dan informasi yang benar kepada anggota tentang bahaya Covid-19.

“Diingatkan, supaya tidak percaya terhadap informasi yang sifatnya hoax, dan yang tidak kalah pentingnya para Komandan Pangkalan harus menyiapkan fasilitas kesehatan untuk para anggota dan keluarga. Syukur-syukur bisa membantu masyarakat luar dan siapkan ruangan isolasi. Yang sangat penting adalah menyiapkan alat pelindung diri (APD),” urai Pangkoopsau II.

Pangkoopsau II juga menyampaikan kembali tentang pentingnya program ketahanan pangan dalam rangka mengantisipasi kondisi yang terburuk dengan terjadinya kelangkaan bahan pangan bila pademik Covid-19 ini masih berlanjut.

“Diingatkan juga tentang tugas perbantuan kepada pemerintah agar Pangkalan yang mempunyai Pesawat Angkut betul-betul menyiapkan alat utama sistem persenjataan (Alutsista), Crew, dan fasilitasnya dengan baik, sehingga bila sewaktu-waktu diminta untuk memberikan bantuan, kita  sudah siap. Laksanakan kordinasi yang baik dengan instansi yang terkait,” imbuh Donny Ermawan.

Di akhir rapat on line tersebut, Pangkoopsau II juga menyapaikan bahwa peringatan HUT TNI AU yang ke-74, diperingati secara terbatas tidak lebih dari 50 orang termasuk pendukungnya, diatur jarak peserta upacara minimal 2 meter. “Yang ikut upacara semuanya wajib menggunakan masker, sambutan yang dibacakan Inspektur Upacara agar direlay ke ruangan kerja sehingga bisa didengar anggota walaupun tidak mengikuti upacara,” terangnya.

Pangkoopsau II sebelum menutup rapat, mengajak kepada para Komandan Pangkalan untuk berdoa bersama-sama agar bangsa Indonesia senantiasa diberikan perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan dijauhkan dari berbagai bencana, utamanya bencana Covid-19. (lis)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar