Selama #Dirumahaja, Volume Sampah Organik Meningkat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Peningkatan volume sampah selama pandemi corona mengalami sedikit peningkatan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Andi Iskandar.

“Pertumbuhan sampah semenjak Work From Home (WFH) atau Stay at Home secara khusus ada memang sedikit kenaikan karena ada beberapa aktivitas, utamanya sampah rumah tangga,” ungkap Iskandar, Kamis(9/4/2020).

Seperti diketahui sebelumnya, ada beberapa pegawai biasanya untuk makan dengan memesan melalui ojek online. Sekarang lebih memilih memasak sendiri di rumahnya. “Jadi ada sedikit kenaikan, tetapi tidak terlalu memengaruhi,” tambah Iskandar.

Lebih jauh kata dia, volume sampah akhir-akhir ini didominasi sampah organik. Berbeda dari bulan sebelumnya di mana sampah anorganik yang mendominasi jumlah sampah.

Sebelum adanya WFH, pegawai kantoran rata-rata sampahnya bukan sampah organik, seperti bungkus makanan, plastik dan kertas, lain-lain.

“Kalau sekarang sedikit perubahan dari sampah organik karena ada beberapa orang yang berkantor di rumah, kalau sekarang banyak orang melakukan aktivitas masak memasak di rumah. Untuk saat ini sampah didominasi sampah rumah tangga, seperti sisa sisa potongan sayur sisa sisa makanan,” bebernya. (ikbal/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...