Tangani Covid-19, DPRD dan Pemkot Siapkan Rp190 Miliar

Kamis, 9 April 2020 21:39

Rudianto Lallo

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sudah lebih sebulan virus corona masuk di Sulawesi Selatan dan telah menelan korban jiwa. Kota Makassar merupakan penyumbang tertinggi angka kematian di Sulsel.

Berbagai cara telah dilakukan Pemerintah Kota Makassar untuk mengantisipasi penyebaran virus mematikan tersebut. Mulai dari Sosial Distancing hingga penutupan sementara tempat hiburan dan fasilitas umum.

Yang terbaru, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, Rudianto Lallo, mengatakan, pemerintah telah menggelontorkan dana sekitar Rp190-an miliar untuk penanganan covid-19 di Kota Makassar.

Menurutnya, dana tersebut berasal dari DPRD dan Pemkot Makassar, “Anggaran itu berasal dari Biaya Tak Terduga (BTT) Pemkot dan dana dari bantuan Dewan,” ungkap Rudianto, Kamis (9/4/2020).

Dai membeberkan, dari dewan jumlahnya Rp10 miliar. “Kemudian ada dana BTT Rp30 miliar yang disediakan Pemkot. Dan sisanya berasal dari relokasi seluruh SKPD di Kota Makassar sebesar 10 persen,” katanya, melanjutkan.

Rudianto menyebut, dari potongan 10% di semua SKPD, ada sekitar Rp150-an miliar dana yang terkumpul dari pemotongan anggaran dari SPKD di Kota Makassar.

“Jadi, jika dijumlah dengan BTT dan dana dari dewan, ada sekitar Rp190-an miliar dana disiapkan hingga akhir tahun dalam penanganan Covid-19. Itu juga sudah termasuk bantuan pemerintah ke masyarakat dalam pengadaan pembagian sembako, APD,dan kebutuhan lainnya,” terang Rudianto. (ikbal/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI