Teliti Gaya Pidato Jokowi, Mahasiswa FBS UNM ini Ujian Skripsi Via Daring

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Imbas pandemi corona yang terjadi saat ini, membuat semua kampus meniadakan pertemuan tatap muka langsung dan mengganti dengan kuliah Dalam Jaringan (daring). Hal itu sebagai bentuk physical distancing demi mencegah penyebaran virus covid 19 lebih luas lagi.

Meski di tengah kondisi pandemi corona, semangat Erlan Saputra untuk meraih gelar sarjananya tidak surut sedikitpun. Alhasil, mantan Ketua Maperwa Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) UNM tercatat sebagai mahasiswa yang pertama melewati ujian skripsi daring di Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Rabu (8/4/2020).

Pria asal Enrekang tersebut bersyukur bisa melaksanakan ujian di tengah badai corona. Tak lupa dirinya berterimakasih kepada pihak kampus yang telah mewadahi fasilitas yang memadai untuk melaksanakan ujian.

“Alhamdulillah bisa kelar juga, meski di tengah pandemi. Saya bersyukur karena kampus tetap mewadahi kami untuk terus melaksanakan kegiatan akademik,” terang Mantan Kabid PSDM Himaprodi PBSI FBS UNM ini.

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini meneliti tentang ‘Gaya Bahasa Teks Pidato Presiden RI Joko Widodo’. Erlan diuji langsung oleh Ramly dan Usman, dengan pembimbing Muh. Saleh.

Hasil penelitiannya menemukan bahwa dari segi struktur kalimat, Joko Widodo menggunakan struktur klimaks, antiklimaks, paralelisme, antitesis, dan repetisi. Sementara dalam.konteks kalimat tidak langsung, Presiden Jokowi menggunakan metafora, hiperbola, asindeton, polisindeton, dan tautologi.

Sementara itu, Wakil Dekan bidang Administrasi Umum dan Keuangan FBS UNM, Dr. Muhammad Saleh menuturkan bahwa, ujian skripsi berbasis online ini merupakan wujud perlawan kita terhadap pandemi covid-19.

“Kita tidak mau ada sedikitpun kegiatan akademik yang tertunda gara-gara corona. Seruan di rumah aja adalah spirit agar kita tetap bekerja dari rumah,” ujarnya. (ikbal/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan

Comment

Loading...