Tidak Jelas, Nasib Piala Dunia U-20 di Indonesia

Kamis, 9 April 2020 20:22

Mochamad Iriawan/pssi.org

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Nasib Piala Dunia U-20 2021 yang direncanakan digelar di Indonesia kini tidak jelas. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa PSSI saat ini masih terus berkomunikasi dengan pemerintah dan FIFA terkait persiapan turnamen tersebut.

Saat rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi X DPR RI pada Rabu (9/4), Irawan mengatakan, mereka sudah bersurat ke FIFA terkait Piala Dunia U-20 2021. Surat ini dikirim setelah FIFA batal datang ke Indonesia.

“Ada enam dari 11 venue stadion untuk pelaksanaannya. Direncanakan FIFA akan datang ke Indonesia akhir Maret lalu, tapi karena situasi pandemi virus Corona (Covid-19) mereka tidak jadi datang,” jelas Iriawan dikutip dari situs resmi PSSI.

Akibat virus corona, penyelesaian venue-venue tersendat. Di dalam timeline, harusnya April sudah mulai pembangunan. Tapi sampai sekarang tidak mungkin pemerintah akan melakukan itu karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Hingga saat ini, FIFA belum menentukan apakah menunda atau tetap melaksanakan Piala Dunia U-20 pada tahun 2021. Kami akan menunggu perkembangannya serta arahan dari FIFA dan pemerintah,” ujar Iriawan.

Jika pandemi virus corona tidak segera berakhir, otomatis venue yang digunakan sulit tersedia tepat waktu. “Kalau nanti pandemi virus corona sampai bulan September 2020, sehingga mungkin otomatis pembangunan serta renovasi stadion-stadion yang memenuhi standart FIFA belum bisa dilakukan. Ini menjadi bahan pertimbangan kami nanti,” ujarnya.

Makanya, Iriawan berharap pandemi virus corona segera berakhir. Ini agar PSSI bersama pemerintah bisa segera melaksanakan berbagai persiapan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. “Kami juga telah mengirimkan dokumen semua stadion yang sudah kita cek ke FIFA, nantinya hanya enam stadion yang terpilih sebagai venue Piala Dunia U-20 2021,” beber Iriawan.

Sebelumnya, PSSI sudah melakukan rapat dengan Kemenpora terkait persiapan Piala Dunia U-20 2021. PSSI juga pernah dipanggil Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk membahas turnamen bergengsi level dunia ini.

Untuk venue sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Patriot Candrabhaga (Bekasi), Pakansari (Bogor), Wibawa Mukti (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung), Gelora Sriwijaya (Palembang), Mandala Krida (Yogyakarta), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru) menjadi stadion yang disiapkan PSSI. (amr)

Komentar