Ini Alasan Abu Rara Tusuk Wiranto

Jumat, 10 April 2020 20:33

Aksi teroris Abu Rara saat menusuk Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Jaksa Penuntut Umum (JPU) Herry Wiyanto mengungkap alasan Syahrial Alamsyah alias Abu Rara melakukan penyerangan kepada Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto. Hal itu diungkap Herry dalam persidangan yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Barat secara virtual pada Kamis (9/4).

Aksi amaliyah Abu Rara terbilang nekat, karena dilakukan tanpa perencanaan matang. Terdakwa merasa sudah menjadi daftar buron polisi, pasca penangkapan kelompok JAD Bekasi pimpinan Abu Zee pada September 2019. Terdakwa merasa ketakutan jika nantinya tertangkap oleh aparat. Sehingga memilih melaksanaan amaliyah.

“Terdakwa ketakutan dan merasa dirinya sudah masuk dalam DPO oleh aparat kepolisian, maka tidak lama lagi terdakwa juga akan tertangkap. Terdakwa menganggap kalau tidak melakukan perlawanan hidupnya akan sia-sia,” kata Herry.

Herry mengatakan, Abu Rara awalnya menduga helikopter yang ditumpangi rombongan Wiranto adalah polisi yang akan menangkapnya. “Abu Rara menyuruh istrinya Fitria Diana dan anaknya RAL memastikan tujuan helikopter yang mendarat di Alun-Alun Menes,” ungkapnya.

Namun, saat itu terdakwa sempat bingung jika helikopter tersebut sudah terbang kembali. Dan tidak ada penumpang yang diturunkan. Abu Rara kemudian bertanya kepada tukang ojek yang berada di sekitar alun-alun Menes.

Dari situ dia mengetahui jika esok harinya akan ada kunjungan Wiranto yang saat itu menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Dari informasi itu, terdakwa kemudian langsung terlintas untuk melakukan amaliyah.

Komentar


VIDEO TERKINI