Jaga Stabilitas Harga Bahan Pokok, Bulog Diminta Gelar Operasi Pasar

Jumat, 10 April 2020 13:32

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Jelang Ramadan dan Idul Fitri biasanya akan terjadi ketidakstabilan harga di pasar. Untuk itu DPR mengingatkan Bulog segera menggelar operasi pasar demi menciptakan stabilitas harga bahan pokok.

Anggota Komisi IV DPR RI Muslim menyatakan dengan operasi pasar tersebut, dapat mencegah adanya pihak-pihak tertentu atau pihak-pihak spekulan yang mengambil keuntungan besar di tengah situasi masyarakat yang sedang dalam kondisi pandemi Covid-19 yang tidak mudah saat ini.

“Sebagian masyarakat sudah mulai terkena gelombang PHK dan dirumahkan tapi mereka juga harus membeli kebutuhan beras, gula dan minyak goreng. Bulog harus bisa melakukan operasi pasar untuk menciptakan stabilitas harga. Sehingga, terutama menjelang Ramadan dan Idul Fitri ini, jangan sampai ada pihak spekulan yang mengambil keuntungan besar dalam kondisi seperti ini. Peran Bulog sangat penting,” ujar Muslim saat mengikuti RDP Komisi IV DPR RI dengan Dirut Perum Bulog Budi Waseso secara virtual, Kamis (9/4/2020).

Lebih lanjut, politisi Fraksi Demokrat itu secara khusus menyoroti stok minyak goreng berdasarkan data yang dimiliki Perum Bulog saat ini.

Sebab ia melihat stok minyak goreng yang dimiliki Perum Bulog sekarang ini hanya di angka 781,15 kiloliter untuk memenuhi kebutuhan secara keseluruhan nasional.

“Artinya kondisi seperti ini bagaimana digambarkan oleh Perum Bulog terutama menjelang Ramadan dan hari raya Idul Fitri. Sebab, kalau ini tidak disiapkan ini akan menjadi lonjakan harga yang luar biasa dan akhirnya akan semakin menambah beban masyarakat,“ tegur Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini.

Komentar


VIDEO TERKINI