Kisah WR Supratman Curi Biola Belajar Musik

Jumat, 10 April 2020 13:52

Gandrungi Biola

Sejak tinggal bersama keluarga van Eldik, dari hari ke hari hatinya kian tergoda untuk belajar bermain biola. Supratman memaklumi bahwa van Eldik masih sangat sibuk dengan pekerjaan di posnya yang baru sehingga belum mungkin melaksanakan janji mengajarinya bermain musik.

Karena dorongan hatinya itu, ia memberanikan diri untuk “mencuri” biola dari kotaknya dan diamat-amatinya dengan cermat setiap kali ia membersihkan kamar kerja van Eldik. Ia juga membolak-balik halaman-halaman beberapa buku besar yang seluruh isinya hanya terdiri aras not balok dan not angka serta sajak lagu dalam bahasa asing.

Rasanya ingin benar ia mempelajari not balok yang sama sekali masih belum dipahami maknanya itu. Apalagi, karena van Eldik bila bermain biola di rumah sering melakukannya dengan membaca halaman-halaman not balok yang ditaruh di standar yang diletakkan di depannya.

Pada suatu pagi, ketika sedang asyik menirukan gaya van Eldik bermain biola dalam kamar kerja, mendadak Supratman dikagetkan oleh tepuk tangan kakak sulungnya –Roekijem Soepratijah– dan si Dede, Fredinand van Eldik (ponakannya) yang berdiri di ambang pintu kamar.

Rupanya Supratman ketika mengambil biola dan tongkat penggeseknya, lupa menutup pintu kamar. Sehingga, kakak sulungnya dan si Dede melihat Wage bergaya seolah-olah sedang bermain biola.

Bagikan:

Komentar