Kisah WR Supratman Curi Biola Belajar Musik

Jumat, 10 April 2020 13:52

Seperti seorang pencuri yang ketahuan polisi, Supratman cepat-cepat mengembalikan biola dan tongkat penggesekanya ke dalam kotak dan meletakkan di tempatnya yang semula di atas meja. Dengan kemalu-maluan ia minta maaf kepada kakak sulungnya karena telah bertindak lancang mengambil biola tanpa seizin yang empunya.

Akan tetapi, kakaknya yang lembut hati itu tidak memarahi adiknya. Ia bahkan menyatakan akan mengingatkan suaminya untuk memenuhi janjinya mengajarkan pengetahuan musik. Belakangan, setelah diingatkan, van Eldik segera minta maaf kepada adik iparnya. Dia beralasan sibuk.

Karena untuk beberapa lama ia masih akan sibuk dengan tugasnya yang baru, van Eldik meminta istrinya mengajarkan cara-cara bermain biola kepada Supratman. Roekijem (baca: Rukiyem), mulai mengajarinya membaca not balok. Juga pengetahuan dasar (elementer) musik.

Karena keahlian yang dimiliki oleh suami istri van Eldik dalam bidang seni suara dan seni musik, mereka sering diminta oleh perkumpulan keluarga besar penghuni Kompleks Kees untuk mengisi acara kesenian dalam berbagai kegiatan sosial.

Nyonya van Eldik selain sering tampil sebagai biduan, juga populer sebagai pemain tonil atau sandiwara yang pada masa itu kerap kali berbentuk opereta, yaitu sandiwara yang percakapannya (dialog) sebagian dinyanyikan. (bersambung)

Bagikan:

Komentar