Milan Dekati Pelatih Unai Emery

Unai Emery/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MILAN—AC Milan dikabarkan tengah mendekati mantan pelatih Arsenal, Unai Emery. Ia menjadi salah satu kandidat potensial memimpin Milan musim depan bersama Luciano Spalletti atau Ralf Rangnick.

Masa depan Stefano Pioli tidak jelas setelah mengambil alih kursi kepelatihan dari Marco Giampaolo beberapa bulan lalu. Milan sebelumnya disebut-sebut menginginkan Rangnick. Akan tetapi, laporan yang muncul menyebutkan ia lebih disarankan menjadi direktur olahraga menggantikan Zvonimir Boban.

Karena di sepakbola Italia hampir tidak pernah ada direktur yang sekaligus merangkap pelatih, maka Milan harus mencari pelatih lain jika ingin mendatangkan Rangnick. Dan Sky Sport Italia menunjuk ke arah Emery.

Ini akan menjadi reuni, karena CEO Milan saat ini, Ivan Gazidis. Gazidis adalah sosok yang mendatangkan Emery ke Arsenal pada musim panas 2018. Mantan pelatih PSG, Valencia, Sevilla, dan Spartak Moscow itu dipecat The Gunners pada November 2019 dan kini sedang menganggur.

Bagi Milan, ini bukan yang pertama mereka meminati pelatih berpaspor Spanyol tersebut. Pada 2016 silam, mereka juga sempat dikaitkan dengan Emery. Sama seperti Emery, kandidat lainnya, Spalletti juga sedang menganggur setelah dipecat akhir musim lalu oleh Inter Milan.

Tak hanya pelatih, Milan juga dikait-kaitkan dengan pemain Brescia, Sandro Tonali. Untuk mendapatkan tandatangannya, Milan harus bersaing dengan Juventus dan Inter yang sudah lebih dulu mengincarnya.

Meskipun Brescia terpuruk di klasemen Serie A, pemain berusia 19 tahun itu tampil cukup mengesankan dan menarik minat klub-klub top di Italia. Pemain internasional Italia itu tercatat telah menyumbang lima assist dan mencetak satu gol.

Tonali yang mendapat panggilan ke skuat Azzurri oleh Roberto Mancini tahun lalu terikat kontrak di Brescia sampai Juni 2021. Presiden Brescia, Massimo Cellino, menurut Calciomercato.com kabarnya meminta 50 juta euro kepada peminat gelandang berbakat tersebut.

Tonali sebelumnya mengungkapkan dirinya merupakan penggemar Milan dan laporan itu menyebut Rossoneri telah berhubungan dengan Brescia dan agen pemain ini. Benfica telah dikaitkan dengan pemain Milan, Lucas Paqueta dan penjualannya bisa menjadi modal membeli Tonali. (amr)