Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Berita Hoax Ikut Meningkat

Jumat, 10 April 2020 11:54

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Selama pandemi Covid-19, kejahatan jenis penyebaran berita hoax menjadi benalu untuk kehidupan warga. Pasalnya angka kejahatan ini tercatat melonjak dibanding hari-hari biasanya.

“Sebenarnya modus kejahatan baru saat ini tidak ada, tapi ada peningkatan di beberapa sektor yang terjadi seperti hoax, penebar kebencian, menyebarkan berita bohong tentang Covid-19,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dihubungi, Jumat (10/4).

Sedangkan untuk kriminalitas lainnya terbilang menurun. Jumlah laporan kepolisian yang dibuat warga ke Polda Metro Jaya pun tak sebanyak sebelum pandemi terjadi.

“Dari kepolisian terus melakukan patroli siber, ya memprofiling meraka-mereka semua. Terus kemudian kita akan menindak tegas para pelaku-pelakunya,” jelas Yusri.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, sampai dengan 7 April 2020, jumlah kasus hoax yang ditangani Polri memang mengalami peningkatan. Menjadi 81 kasus yang ditangani oleh Bareskrim, maupun polda jajaran.

“Sudah bertambah lagi menjadi 81 kasus yang sebelumnya 76,” kata Argo.

Dari jumlah kasus tersebut, pelaku penyebar hoax didominasi oleh pria 51 orang, dan 30 orang perempuan. “Tapi tidak semua dilakukan penahanan, yang ditahan hanya 12 orang,” pungkas Argo. (jp/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI