Seminar Virtual, IDP Jadi Pembicara Persoalan Pangan Nasional

Jumat, 10 April 2020 19:31

Indah Putri Indriani

Fajar.co.id, Luwu Utara — Keterbatasan jarak akibat pandemi covid-19 yang mengharuskan seluruh lapisan masyarakat menerapkan social dan physical distancing. Nyatanya, hal itu tidak membuat sebagian orang kehilangan akal untuk melakukan pertemuan secara massal.

Meski tidak secara tatap muka, Forum diskusi seperti halnya seminar virtual Obrolin Pangan yang digagas Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan Bogor, Kamis (10/4/2020) pun tetap digelar melalui Video Conference, dengan menghadirkan Bupati Luwu Utara sebagai salah satu Narasumber.

Di sela pembahasan bertajuk Ancaman Kelaparan di Tengah Pandemi Covid-19, pemilik sapaan karip IDP itu pun memaparkan kesiapan daerah untuk memastikan ketersediaan pangan di seluruh wilayah kabupaten Luwu Utara, Selama masa tanggap darurat pandemi covid-19 diberlakukan oleh pemerintah.

“Di tengah pandemi, Pemetaan awal dan mekanisasi pertanian adalah salah upaya mitigasi sebagai bentuk pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah jika terjadi perluasan ke daerah. Semangat para petani di Luwu Utara juga mendorong kepastian pangan di tengah pandemi tetap terjaga, tentu dengan memastikan para petani yang bekerja tetap mematuhi protokol kesehatan. Terlebih kami juga memiliki wilayah yang puncak panennya akan berlangsung di bulan april hingga mei, sehingga kondisi ini harus kami sikapi denga mengambil kebijakan tapi tetap mematuhi imbauan, salah satunya dengan mekanisasi.” Paparnya

Ia menambahkan jika kebijakan lainnya adalah dengan pemanfaatan lahan pekarangan melalui program Dua Polybag (DUPOLY) bagi setiap rumah juga diharapkan mampu membuat kebutuhan pangan masyarakat tetap terpenuhi.

Komentar


VIDEO TERKINI