Apple dan Google Bikin Teknologi Pelacakan Kontak Perangi Covid-19

Sabtu, 11 April 2020 11:29

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID,SAN FRANSISKO — Apple, Google membuat teknologi pelacakan kontak untuk memerangi penyebaran COVID-19. Apple Inc dan Alphabet Inc Google akan bekerja sama menciptakan teknologi pelacakan kontak yang bertujuan untuk memperlambat penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19.

Teknologi tersebut memungkinkan pengguna untuk memilih ke dalam suatu sistem yang membuat daftar ponsel yang berada di dekat ponsel lainnya.

Kolaborasi yang jarang terjadi antara dua perusahaan asal Silicon Valley itu dapat mempercepat penggunaan aplikasi yang bertujuan untuk membuat individu yang berpotensi terinfeksi melakukan pengujian atau karantina lebih cepat dan andal daripada sistem yang ada di sebagian besar dunia.

Penelusuran seperti itu akan memainkan peran penting dalam mengelola virus ketika karantina wilayah berakhir, kata para pakar kesehatan.

Kedua perusahaan mulai mengembangkan teknologi dua minggu lalu untuk merampingkan perbedaan teknis antara iPhone Apple dan Android Google yang telah menghambat kelancaran operasi beberapa aplikasi pelacakan kontak yang ada.

Berdasarkan rencana tersebut, ponsel pengguna akan memancarkan sinyal Bluetooth unik jika mereka memiliki teknologi pelacakan yang dihidupkan. Ponsel dalam jarak sekitar enam kaki dapat merekam informasi anonim tentang pertemuan.

Jika seseorang dinyatakan positif COVID-19, sistem dapat mengirim daftar ponsel terenkripsi yang mereka dekati ke Apple dan Google. Kemudian, hal itu akan memicu peringatan kepada pengguna yang berpotensi terpapar untuk mencari informasi lebih lanjut. Otoritas kesehatan masyarakat harus menandatangani bahwa seseorang telah dites positif sebelum mereka dapat mengirimkan data.

Bagikan berita ini:
6
6
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar