Hoaks Makassar Lockdown Tiga Hari, Diskominfo: Tim Cyber Sudah Lacak

Sabtu, 11 April 2020 10:43

Ismail Hajiali, juru bicara gugus tugas covid - 19 Kota Makassar (foto : Muh. Ikbal/fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Maraknya info tidak benar atau hoaks di media sosial sangat meresahkan masyarakat. Yang terbaru beredar kabar bahwa Kota Makassar akan Lockdown selama tiga hari, akibatnya masyarakat berhamburan memadati pasar untuk membeli bahan makanan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Ismail Hajiali mengatakan, maraknya hoaks yang terjadi akibat segelintir orang yang tidak bijak memanfaatkan teknologi yang ada.

“Berita berita yang tersebar sekarang malah hoaks, tidak lihat situasi di mana sekarang dalam keadaan darurat, lagi susah. Harusnya orang yang punya teknologi memanfaatkan dengan baik,” kata Ismail, Sabtu (11/4/2020).

Memerangi hoaks yang terjadi, ia mengaku sudah berkomunikasi dengan jajaran tim Cyber Polda Sulsel.

“Dari pihak saya sendiri, sudah berkomunkasi dengan tim cyber sementara sudah dilakukan pelacakan. Nanti mereka yang eksekusi,” ungkapnya.

Untuk langkah tegas, kita tunggu tim cyber Polda. “Mereka sudah komunikasi dengan pihak Diskominfo, saya bilang silakan, termasuk berita berita yang mereka konfirmasi mengenai kasus Makassar lockdown tiga hari,” tambahnya.

Untuk mencegah hoaks, Ismail menjelaskan kepada netizen, kalau ada berita yang belum tentu kebenarannya supaya jangan dulu menyebarluaskan, pastikan dulu kebenarannya dengan mencari tau sumbernya.

“Pesan untuk masyarakat, tetap selektif dalam membaca informasi di sosial media, kalau diragukan jangan dishare, kalau mau informasi pasti silakan bertanya ke operator Diskominfo,” terang juru bicara gugus tugas Covid-19 Makassar itu. (ikbal/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI