Ibadah Jumat Agung Via Streaming, Romo Benny: Tak Kurangi Kekhidmatan

Sabtu, 11 April 2020 15:37

Salah satu keluarga di Pisangan, Jakarta, juga melakukan ibadah Jumat Agung bersama di rumah. ( HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Umat Kristiani harus menjalani ibadah Jumat Agung berbeda dari biasanya. Hanya bisa dilakukan melalui streaming, dari rumah masing-masing.

Itu terjadi menyusul imbauan menjauhi kerumunan di tengah pandemi Covid-19. Tapi, meski suasananya berbeda dan tidak semeriah biasanya, rohaniwan Benny Susetyo berpendapat justru saat ini adalah kondisi yang tepat untuk memaknai perayaan pekan suci Paskah tersebut.

Romo Benny yang juga anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu mengingatkan umat bahwa dengan tidak pergi ke gereja tak berarti nilai perayaan tersebut jadi turun. Ini malah menjadi kesempatan bagi umat untuk merayakan kematian dan kebangkitan Yesus Kristus dalam keheningan dan perenungan yang lebih dalam.

”Esensi dari peringatan ini adalah bagaimana manusia dapat terbebas dari maut dengan pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib. Dalam situasi ini pun, umat manusia dapat dianggap juga berhadapan dengan maut, yakni virus,” kata Romo Benny.

Tinggal bagaimana, lanjut dia, umat mampu memaknai pengorbanan Yesus dan berserah diri dengan penuh pengharapan untuk bisa melewati pandemi ini. ”Semua hal tersebut harus dilakukan dengan penuh keyakinan, dengan iman akan kebangkitan mengalahkan maut. Maka, kita harus optimistis masa kelam akan berlalu,” ungkap Benny.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo, melalui peringatan Jumat Agung, meyakinkan masyarakat bahwa badai Covid-19 pasti akan berlalu. ”Kita akan melaluinya dengan segenap kesabaran, kedisiplinan, dan tetap saling mengasihi,” ujar dia di Jakarta kemarin.

Komentar


VIDEO TERKINI