Masuk Kriteria, Sri Rahmi Nilai Sulsel Bisa Terapkan PSBB

Sabtu, 11 April 2020 20:16

Sri Rahmi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejauh Ini, Pemerintah Sulawesi Selatan belum juga menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan lebih memilih program jaring pengaman sosial (social safety net).

Sudah banyak tokoh yang mendesak Pemprov untuk segera menerapkan PSBB setelah melihat kondisi saat ini, di mana Sulsel masuk 5 daerah teratas dengan pasien positif covid-19 di Indonesia.

Lain halnya dengan anggota Komisi C Bidang Keuangan DPRD Sulsel, Sri Rahmi. Dia menilai bahwa upaya untuk PSBB sebenarnya telah digalakkan oleh pemerintah sendiri, praktik persyaratan menurutnya telah dilakukan, utamanya di Ibu Kota Sulsel, Makassar.

“Kalau saya baca, Sulsel sudah bisa masuk kriteria itu (PSBB) apalagi dalam praktiknya kita sebenarnya sudah melakukannya. Pembatasan kegiatan sudah dilakukan, kemudian penutupan tempat ibadah sudah dilakukan, kemudian tempat pusat keramaian sudah dilakuan, sekolah sudah dilakukan, kerja kantor juga, itu sebenarnya kalau tidak salah ada enam atau tujuh point dari PSBB dan hal ini sudah dilakukan oleh Sulsel,” kata Sri, Sabtu (11/4/2020).

Menurutnya, sisa keputusan formal untuk menentukan hal ini PSBB atau bukan, meski secara praktik memang telah dilakukan. Yang menjadi permasalahan justru pada ketegasan untuk menegakkan regulasi itu.

“Presiden kan sudah jelas, komandonya ada di pusat kalau saya lihat di Sulsel beberapa daerah perbatasan itu mereka justru inisiatif sendiri-sendiri,” kata ketua fraksi PKS Sulsel tersebut.

Komentar


VIDEO TERKINI