Salurkan Bantuan, IDP Edukasi Warga Kenakan Masker dan Jaga Kesehatan

Sabtu, 11 April 2020 21:44

FOTO: ISTIMEWA

Sembari membagikan masker, ibu dua anak itupun mengingatkan betapa pentingnya penggunaan masker saat ini, guna mencegah penyebaran virus khususnya bagi masyarakat yang ada di desa.

“Yang belum pakai masker, dipakai ya. Boleh pakai masker kain, yang bisa dicuci pakai. Jagaki kesehatanta semua dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) salah satunya dengan rajin mencuci tangan pakai sabun di bawah air yang mengalir, juga tidak menyentuh wajah, hidung, dan mulut, jika tangan tidak bersih,” tutur IDP sembari membantu dan mengedukasi salah seorang warga lansia menggunakan masker yang dibagikannya saat memantau penyaluran bantuan natura di Desa Malangke dan Desa Ladongi Kecamatan Malangke.

Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan imbauan untuk tetap menggunakan masker bagi orang yang tidak sakit guna mencegah penularan covid-19 berdasarkan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pemakaian masker kain bagi masyarakat yang dalam keadaan sehat, sementara masker bedah dan N95 diperuntukkan bagi tenaga kesehatan.

Sementara menurut laporan Kalaksa BPBD, Muslim Muchtar, sebanyak 562 KK yang terdampak banjir, masing-masing 155 KK di Malangke Barat dan 407 KK di Malangke.

“Sementara itu, bersama ibu bupati kita juga menyalurkan bantuan bencana angin puting beliung di Desa Tingkara Kecamatan Malangke dengan nilai Rp40.560.000, Desa Mario Rp46.058.000, dan Desa Polewali Kecamatan Baebunta Selatan dengan estimasi bantuan sekira Rp42.028.000,” jelas Muslim. (rls)

Komentar