Aktris Senior Hilary Heath Meninggal Akibat Corona

Minggu, 12 April 2020 12:17

Hilary Heath di masa mudanya/REX

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Aktris senior, Hilary Heath meninggal pada usia 74 tahun. Aktris dan produser, yang terkenal karena karyanya di Witchfinder General dan Wuthering Heights itu meninggal karena komplikasi virus corona.

Anak baptisnya, Alex Williams, menulis pernyataan di Facebook yang mengkonfirmasi berita tersebut. “Kami kehilangan ibu baptis saya yang luar biasa, Hilary Heath, minggu lalu,” tulis Alex dikutip Metro.

Hilary memiliki karier panjang. Ia mulai sebagai aktris layar lebar dan panggung pada 1960-an dan 1970-an. Setelah itu, ia kemudian menjadi produser pada 1990-an, membuat film seperti Nil by Mouth (Gary Oldman) dan An Awfully Big Adventure (Hugh Grant, Alan Rickman).

Pencapaiannya yang paling luar biasa datang di pertengahan 60-an, ketika ia memenangkan gelar master dari Oxford dalam bidang psikologi dan menjadi penasihat kecanduan, yang berspesialisasi dalam CBT.

“Dia bekerja di klinik di seluruh dunia, seringkali gratis, sering dengan orang-orang yang sangat kekurangan dan tertekan, dan dia menganggap ini sebagai pekerjaannya yang paling berharga sejauh ini. Dia adalah kekuatan alam,” lanjut pernyataan itu.

Film pertama bintang senior itu adalah Witchfinder General pada tahun 1968, di mana dia memerankan Sara Lowes, bersama aktor Vincent Price. Pada tahun 1970, Hilary juga membintangi film sebagai Isabella Linton di Wuthering Heights.

Meskipun aktris, yang juga memiliki karier panggung yang sukses, pensiun dari akting di tahun 90-an, ia melanjutkan untuk memproduksi film-film termasuk An Awfully Big Adventure yang dibintangi Hugh Grant dan Alan Rickman pada 1995.

Ia juga memproduksi Gary Oldman’s Nil By Mouth pada tahun 1997, sementara pekerjaan terakhirnya di dunia keartisan adalah sebagai produser di serial mini TV Jamaica Inn pada tahun 2014. Hilary menikah dengan Duncan Heath dari tahun 1974 hingga perceraian mereka pada tahun 1989, dan memiliki dua anak – Laura dan Daniel. (Metro/amr)

Komentar


VIDEO TERKINI