Alhamdulillah, Santri yang Pulang dari Ponpes Gontor Dinyatakan Sehat

Minggu, 12 April 2020 22:59

Seorang ibu diambil darahnya oleh petugas medis Puskesmas Makassau untuk dites Covid-19 Selasa, 7 April. Pemeriksaan di ...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Ratusan santri yang baru pulang dari Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor dinyatakan sehat usai menjalani senjumlah pemeriksaan kesehatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Endro yudo Waryono, Kabid pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Sulsel saat menggelar video conference, Minggu (12/4/2020).

“Alhamdulillah keluar dari bandara mereka bisa pulang ke rumah-masing karena mereka tidak ada indikasi baik di atas maupun di bawah standar, semuanya masih sehat,” ucapnya.

Diketahui tiga hari sebelum dipulangkan ke Sulawesi Selatan, para santri mendapatkan edukasi dari pemerintah setempat dan gugus tugas di pondok pesantren.

Ia membeberkan, serangkaian pemeriksaan tes telah dilakukan, bahkan sebelum memasuki Bandar Udara Internasional Juanda Jawa Timur, para santri diperiksa, begitupun ketika tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Kota Makassar.

“Ketika di Bandara Surabaya ada pemeriksaan lagi dan mereka dinyatakan lolos semua layak untuk terbang, dan ketika mereka turun dari pesawat dan sebelum keluar dari bandara ada juga edukasi dan deteksi pemeriksaan. Alhamdulillah keluar dari bandara mereka bisa pulang ke rumah masing-masing,” tutupnya.

Sekadar diketahui, pemulangan santri akan dilakukan selama 2 hari. Hari ini sekitar 130 santriwati dipulangkan dan esok hari 230 santriwan juga akan dipulangkan dengan catatan melalui proses pemeriksaan. (anti/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI