Isolasi Mandiri Tak Efektif, Pemkot Siapkan Selter Khusus ODP dan PDP

Minggu, 12 April 2020 12:36

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar akan menyediakan tempat isolasi bagi pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid 19.

Pj WaliKota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, hal tersebut dilakukan karena selama ini isolasi mandiri yang dilakukan tidak berjalan efektif. Pasalnya, kurangnya pengawasan dan pemantauan terhadap pasien.

“Masih kurang disiplin, maka kami siapkan tempat, misalnya, ODP dan PDP yang tak memiliki komplikasi berat,” kata Iqbal, saat video conference, Sabtu (11/4/2020).

Iqbal mengungkapkan pasien ODP dan PDP nantinya akan ditempatkan di Gedung Diklat Provinsi untuk melakukan isolasi mandiri.

Selain itu kata Iqbal, ada dua rumah sakit yang disiapkan untuk merawat pasien covid 19 di Kota Makassar.

“Ada dua rumah sakit khusus untuk merawat pasien covid-19, yaitu RS Dadi di wilayah selatan dan RS Wahidin di wilayah utara Kota Makassar,” ujarnya.

Khusus untuk Rumah Sakit Wahidin, akan dibackup oleh Rumah Sakit Sayang Bunda, mengingat statusnya sebagai rumah sakit rujukan utama di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Pemkot tengah menyusun bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. “Kita sementara mulai menyusun bantuan kepada masyarakat,” ungkap Iqbal. (ikbal/fajar)

Komentar