Kisah WR Supratman Saat Jadi Guru Sekolah Pribumi

Minggu, 12 April 2020 13:45

W. R. Supratman Pengubah Indonesia Raya

Sebelum tampil di hadapan umum, van Eldik yang bertindak sebagai pimpinan orkes, terlebih dahulu memberikan pendidikan praktis dengan disertai latihan intensif selama beberapa bulan. Khusus dalam acara penyajian irama jaz yang berbobot.

Sesudah itu barulah Black White Jazz Band berani memperkenalkan diri di hadapan publik, dengan menyelenggarakan pergelaran malam musik jaz dalam kompleks Kees. Ternyata penampilan mereka memperoleh sambutan yang luar biasa. Sehingga segenap penonton meminta agar mereka memperpanjang waktu pertunjukannya.

Saat itulah merupakan penampilan Supratman yang pertama di muka umum sebagai seorang violis. Dalam waktu yang singkat, Black White Jazz Band menjadi sangat populer. Setiap malam panjang van Eldik selalu mengadakan pergelaran musik jaz untuk memenuhi permintaan para perwira tinggi komandan batalion.

Permintaan dari berbagai kalangan selalu dipenuhi oleh van Eldik. Di gedung Balai Kota, di rumah-rumah para pejabat tinggi dan di Societeit de Harmonie alias Gedung Kesenian Sulsel saat ini.

Malah di kemudian hari, Black White Jazz Band selalu mengisi acara tetap pada malam-malam Minggu di Societeit Makasar. Meski kelompok band amatir, karena popularitas serta kualitas penyajiannya yang belum ada duanya di Makasar, mereka menerima imbalan (honorarium) yang sangat besar.

Bagikan berita ini:
5
3
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar