Makin Gawat, 22 Ribu Petugas Kesehatan Terinfeksi Corona

Minggu, 12 April 2020 20:41

Ilustrasi petugas kesehatan penananganan korona (HAFIDZ MUBARAK A/POOL/AFP)

FAJAR.CO.ID, NEW YORK– Pandemi korona (Covid-19) telah menyerang lebih dari 22.000 petugas kesehatan di 52 negara dan wilayah. Demikian disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Sabtu (11/4).

Menurut laporan situasi harian WHO, total 22.073 kasus Covid-19 di kalangan petugas kesehatan telah dilaporkan ke badan global tersebut per Rabu (8/4).

Jumlah ini mungkin masih belum mewakili, kata laporan itu, karena sejauh ini tidak ada pelaporan sistematis kepada WHO terkait kasus infeksi di antara petugas kesehatan.

Hasil awal menunjukkan bahwa para petugas kesehatan terinfeksi Covid-19 di tempat kerja dan juga di lingkungan permukiman mereka, paling sering melalui anggota keluarga yang terinfeksi.

Guna melindungi petugas kesehatan di garis terdepan, WHO menekankan penggunaan alat pelindung diri yang benar seperti masker, kacamata medis, sarung tangan, dan pakaian pelindung.

Selain itu, terkait risiko kelelahan di antara penyedia layanan kesehatan, WHO menyerukan untuk menghormati hak-hak mereka atas kondisi kerja yang layak. (xinhua/ant/jpc/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI