Pemkot Makassar Diminta Beli Alat PCR, Produksi juga Masker untuk Warga

Minggu, 12 April 2020 15:38

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Azwar ST, meminta Pemkot Makassar membeli alat polymerase chain reaction (PCR). Alat ini dapat dengan cepat menentukan hasil seseorang positif terinfeksi virus corona atau tidak.

Selain dari sisi kecepatan hasil, PCR juga dapat digunakan sampai 10.000 pengujian per hari.

Azwar mengatakan, melalui PCR itu diharapkan kota Makassar bisa lebih cepat mengetahui berapa banyak kasus corona sehingga bisa lebih cepat tertangani.

“Saran saya, Pemkot mesti segera mengadakan alat PCR yang keakuratannya tinggi. Agar kasus positif bisa segera diketahui dalam hitungan menit,” ucap dia.

Politisi PKS ini mengklaim selain keakuratannya yang super canggih, alat ini juga tidak terlalu mahal.

“Alat PCR test itu tidak mahal. Di bawah Rp 1 miliar,” terang Azwar.

Tak hanya itu kesigapan Pemkot dalam mengantisipasi persebaran virus corona juga menjadi sorotannya. Terutama persoalan APD berupa masker kain untuk masyarakat.

Terlebih menurut Azwar, pemerintah pusat sudah mengeluarkan himbauan wajib untuk seluruh masyarakat menggunakan masker ketika berada di luar rumah. Sementara masker tersebut langka.

Adalah kewajiban pemerintah kota menyiapkan APD tersebut, agar tidak menimbulkan persebaran virus yang lebih besar lagi.

“Info covid ini kan sudah cukup lama, masa langka masker di pasaran? Terus tidak diantisipasi. Apalagi pusat sudah wajibkan masker, maka daerah mestinya fasilitasi masyarakat,” tutur Azwar.

Komentar


VIDEO TERKINI