Peneliti FKM Unhas Prediksi Kasus Covid-19 di Sulsel Capai 80 Ribu

Minggu, 12 April 2020 21:13

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Melihat kondisi penyebaran virus covid-19 di Sulawesi Selatan yang tiap hari semakin meningkat, peneliti FKM Unhas, prediksi penyebaran kasus covid ini akan mencapai 80 ribu kasus hingga akhir Mei mendatang.

Ketua Tim Peneliti FKM Unhas, Ansariadi menjelaskan, prediksi jumlah tersebut berpotensi terjadi jika tidak ada intervensi dari pemerintah.

“Dalam beberapa minggu ke depan penambahan kasus bakal naik secara signifikan,” ujarnya, Minggu (12/4/2020).

Menurut Arisandi, hal tersebut disebabkan penyebaran corona yang semakin meluas di daerah episentrum seperti Kota Makassar.

“Kalau berdasarkan grafik, sekitar 80 ribu kasus. Dalam beberapa minggu ke depan kita akan mengalami pertambahan kasus yang cukup banyak karena peningkatan kasusnya bersifat exponesial, bukan liner. Ini yang harus kita perhatikan,” katanya, melanjutkan.

Analisa ini sendiri menggunkan pemodelan matematika, yakni model Richard’s Curve. Dimana perumusan dari model logistik juga digunakan pada kajian ini untuk mengaproksimasi data kasus Covid-19 di Indonesia oleh peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Nuning.

Upaya Intervensi yang jelas dan tepat pun segera dilakukan. Kata Ansariadi, Pemrov Sulsel dan Pemkot Makassar mesti paham cara memutus penyebaran corona yang efektif jika tidak ingin kasus ini membludak hingga ribuan kasus.

“Data sekarang menunjukkan bahwa Makassar menjadi epicentrum di Sulsel. Penyebaran penyakit sangat dipengaruhi oleh pergerakan orang yang sudah diidentifikasi positif, dan kesigapan pemerintah daerahnya melakukan pemutusan mata rantai penularan jika ada kasus di daerahnya,” tambahnya.

Komentar


VIDEO TERKINI