Perbaiki Kualitas APD, Autoclave Siap Diluncurkan di Makassar

Minggu, 12 April 2020 22:54

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kebutuhan Alat Perlindungan Diri (APD) atau personnell protection equipments, semakin meningkat akibat penyebaran Virus Covid-19 di seluruh dunia.

Di seluruh dunia, akibat kekurangan APD, tenaga medis yang bekerja di garda terdepan berjatuhan setiap harinya seiring bertambahnya jumlah penderita Covid-19. Bahkan sudah banyak terjadi di Indonesia.

Untuk itu, banyak kemudian produksi APD dari pihak (stakeholder) untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat. Namun produksi APD tersebut tidak menunggu akan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO)

Sedangkan menurut WHO, untuk APD yang baru dicetak harus melalui proses minimal penyemprotan disinfektan.

Untuk memenuhi standar WHO tersebut, Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat Autoclave, yakni mesin sterilisasi APD dengan cara steaming cairan disinfeksi dengan menerapkan teknik gravitasi, suhu, tekanan, dan air vacum.

Sulkia Reski, Sekretaris Yayasan Gemma 9 mengatakan, Autoclave tersebut menggunakan cairan disinfeksi yang direkomendasikan CDC (referensi disinfeksi lihat Guideline for Disinfection and Sterilisation in Healthcare Facilities, 2008 yang diterbitkan WHO).

“Kapasitas auto clave yang diproduksi ini, mampu menampung kurang lebih 200 hazmat suit dalam satu jam. Selain itu, alat ini mampu mensterilisasi APD jenis lain dan juga termasuk alat-alat kesehatan,” ujarnya, Minggu (12/4/2020).

Dirinya menyebut, mesin ini akan digunakan untuk produksi APD di Makassar yang diinisiasi oleh Yayasan Gemma Nine serta melayani sterilisasi APD di Kota Makassar, sebelum diserahkan ke pengguna dan tenaga kesehatan di rumah sakit-rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.

Komentar


VIDEO TERKINI