Vaksin Covid-19 yang Didanai Bill Gates Segera Tahap Uji Coba

Minggu, 12 April 2020 22:46

Foto: Ilustrasi: Ilmuwan sedang mengembangkan vaksin. (NBCNews)

FAJAR.CO.ID, NEW YORK– Dunia berperang melawan pandemi virus korona baru atau Covid-19 saat ini. Karenanya, seluruh ahli medis, ilmuwan di bidang obat-obatan di seluruh dunia kini sedang berjuang mengembangkan vaksin Covid-19.

Salah satunya, Inovio Pharmaceuticals di bawah Investigational New Drug program diketahui telah mengirimkan permohonan pengujain vaksin ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Inovio berencana menyuntikkan subjek uji sukarela pertama dengan kandidat vaksin DNA INO-4800 yang telah dikembangkannya, mengikuti hasil yang menjanjikan dari studi praklinis yang dilakukan pada hewan.

Kandidat vaksin DNA Inovio bekerja dengan menyuntikkan plasmid yang direkayasa secara khusus (struktur genetik kecil dan independen) ke pasien sehingga sel-sel mereka dapat menghasilkan antibodi yang diinginkan dan bertarget untuk melawan infeksi tertentu. Vaksin DNA, meskipun tersedia dan disetujui untuk berbagai infeksi hewan dalam kedokteran hewan, belum disetujui untuk digunakan manusia.

Pekerjaan Inovio tidak dimulai dari awal. Perusahaan sebelumnya menyelesaikan studi Fase 1 untuk kandidat vaksin DNA untuk Middle East Respiratory Syndrome (MERS), di mana ia menunjukkan hasil yang menjanjikan dan tingkat tinggi antibodi yang diproduksi yang bertahan untuk periode waktu yang panjang.

Inovio telah mampu meningkatkan dengan cepat, mengembangkan dan memproduksi ‘ribuan dosis’ INO-4800 hanya dalam beberapa minggu singkat untuk mendukung uji coba Fase 1 dan Fase 2. Perusahaan telah melakukannya sebagian berkat dukungan dari Yayasan Bill dan Melinda Gates, serta pendanaan dari organisasi nirlaba dan organisasi lainnya, demikian dikutip JawaPos.com dari TechCrunch, Minggu (12/4).

Bagikan berita ini:
2
5
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar