125 PSK dari Gang Sadar Dipulangkan ke Kampung Halaman

Senin, 13 April 2020 15:37

Ilustrasi PSK

FAJAR.CO.ID, BANYUMAS – Sebanyak 125 wanita penghuni kos di Gang Sadar, Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden. Mereka dipulangkan lantaran pendemi covid-19 yang juga belum mereda, pada Minggu (12/4).

Kapolresta Banyumas, Kombes Whisnu Caraka saat dihubungi membenarkan jika pihaknya dan Pemda Banyumas memulangkan para penghuni kos gang sadar.

“Ada pemulangan para penghuni kos di gang Sadar. Hal ini sebagai upaya membantu pemerintah daerah mencegah penyebaran covid-19 ini. Tentunya telah melakukan analisa dan evaluasi kami berpikiran bahwa penyebaran bisa melalui situ,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Warga Kost RT 7 RW II, Amir S mengatakan jika memang para penghuni kos yang semuanya berprofesi sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK), sengaja dipulangkan demi mencegah dan meminimalisir penularan covid-19 di lingkungannya.

Diketahui banyak dari penghuni kos yang berasal dari luar Banyumas seperti dari daerah Jawa Barat seperti Tasikmalaya, Banjar, Cirebon, Bogor, bahkan Lampung.

Pemulangan para penghuni kost Gang Sadar dibantu dan difasilitasi oleh Pemkab Banyumas.

“Ada total sekira 125 orang yang dipulangkan. Kalau yang berada di lingkungan gang sadar sendiri saja ada sekitar kurang lebih 60 orang, sisanya kan ada yang berada diluar,” ujarnya saat dihubungi.

Dengan adanya kebijakan tersebut, saat ini sudah tidak ada penghuni kos yang berada di Gang Sadar. Semua sudah pulang ke tempat dan daerahnya masing-masing.

Komentar


VIDEO TERKINI