366 WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri, Dominan ABK

Senin, 13 April 2020 11:21

FOTO: LANA PRIATNA/AFP DIDESINFEKSI LEBIH DULU: Orang-orang yang dideportasi dari Malaysia harus antre sebelum melakukan...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang dikonfirmasi positif terjangkit Virus Corona (Covid-19) di luar negeri sudah menembus 366 orang. Sementara total yang sembuh sebanyak 55 orang. Data ini dikeluarkan Kementerian Luar Negeri hingga Minggu (12/4).

Kemenlu mencatat kasus terbanyak terjadi pada anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang bekerja di kapal pesiar dengan total 101 kasus (Selengkapnya lihat grafis). Seluruh ABK tersebut dikatakan berada dalam keadaan stabil. Kasus terbanyak kedua berada di India dengan 70 WNI terjangkit, dengan 60 dari total jumlah dalam keadaan stabil dan 10 orang dinyatakan sembuh.

Wakil Kepala Perwakilan KBRI di Manila Widya Rahmanto menjelaskan, WNI mengikuti diskusi virtual mengenai kesehatan pada masa pandemi Covid-19 yang digelar oleh Indonesia Diaspora Network (IDN) Manila dan KBRI Manila.

Melalui aplikasi Zoom, sebanyak 45 WNI melakukan tatap muka untuk membahas kondisi mereka di tengah karantina sosial, Enhanced Community Quarantine (ECQ), yang berlaku di pulau Luzon, termasuk wilayah ibu kota Metro Manila. ”Diskusi tersebut diisi dengan sesi pemaparan dan tanya jawab bersama WNI spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit St Lukes, Kota Quezon, dr. Pramanta,” terangnya dalam rilis yang diterima.

”Dokter Pramanta menekankan pentingnya seluruh WNI menjaga kesehatan dan mematuhi peraturan Pemerintah Filipina dalam menangani COVID-19, serta berharap kondisi seperti ini dapat segera dilalui dengan baik,” terangnya.

Komentar


VIDEO TERKINI