Berdayakan UMKM, Perdami Salurkan 10.000 Masker ke Masyarakat

Senin, 13 April 2020 13:43

Perdami Sulsel menyerahkan bantuan masker. (endra/fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Sulawesi Selatan menggelar bakti sosial 10.000 masker kain gratis buat masyarakat. Pendistribusian masker kain ini dilakukan secara simbolis di Kantor Kelurahan Tamalanrea Jaya, Senin (13/4/2020).

Ketua Perdami Sulsel dr Andi Muhammad Ichsan, mengatakan Perdami melakukan aksi spontan menindaklanjuti anjuran Kementerian Kesehatan atau pemerintah daerah untuk memakai masker bagi semua masyarakat baik tenaga medis atau non medis.

Perdami melibatkan UMKM lokal di Makassar untuk memproduksi masker kain tersebut. Sehingga terkumpul 10.000 masker yang kemudian disalurkan ke setiap kelurahan yang masuk dalam kategori zona merah di Makassar.

“Kita berdayakan 100% UMKM lokal untuk memproduksi masker kain sehingga terkumpul 10.000 masker,” jelas dr Ichsan.

Keterlibatan UMKM lokal juga sebagai upaya Perdami untuk menggerakkan ekonomi masyarakat khususnya UMKM sehingga perputaran ekonomi masyarakat bisa bergairah kembali.

Masker yang diproduksi adalah masker dua lapis, ada kantong di dalamnya sehingga bisa diisi tisu dan bisa dicuci kembali. Masker ini terbilang efektif untuk menghalau virus.

“Masker kain ini sangat mendekati kualitas dari masker bedah atau N95 yang digunakan tenaga medis di rumah sakit atau di level yang sangat beresiko. Kualitasnya tidak kalah. Sehingga masyarakat tidak perlu ragu-ragu menggunakan masker kain ini,” tegasnya.

Seperti diketahui, ketersediaan APD termasuk masker bedah bagi tenaga medis sangat minim. Karena sempat terjadi panic buying di masyarakat yang memborong masker bedah sehingga terjadi kelangkaan.

Komentar


VIDEO TERKINI