Cuci Pakaian Setelah Keluar Rumah, Efektif Cegah Corona

Senin, 13 April 2020 09:05

FAJAR.CO.ID– Di saat anjuran #DiRumahAja selalu digemakan seluruh pihak, namun pada akhirnya, aktifitas seperti berbelanja untuk keperluan konsumsi harian, akan sulit untuk dihindarkan.

Pertanyaannya, seberapa berisiko aktifitas yang satu ini di tengah wabah, yang semakin hari semakin menunjukan kekhawatiran, dan apakah baju yang Anda kenakan, memiliki risiko membawa pulang SARA-CoV-2 penyebab COVID-19 itu?

Well, menurut spesialis penyakit menular Dr. Kathleen Jordan dari CommonSpirit Health, pakaian yang dikenakan manusia sejauh ini, bukanlah sesuatu yang perlu untuk dikhawatirkan secara berlebih.

“Beberapa studi terbaik kami terkait influenza dan beberapa jenis virus, diketahui bahwa pakaian secara umum bukanlah inkubator terbaik bagi virus (untuk mengendap),”

Menurut dia, tekstur yang dimiliki pakaian (yang mana bukan permukaan keras), belum lagi, pakaian yang segera dicuci usai dikenakan, akan mempersulit virus untuk tetap bertahan hidup.

Sebab itu, aman dianjurkan bagi mereka yang belum lama kembali dari aktifitas berbelanjanya, apalagi jika merasa terpapar atau berdekatan dengan orang yang bersin dan batuk di swalayan, untuk sebisa mungkin mencuci pakaian mereka, guna menurunkan risiko yang tidak diinginkan.

Kendati demikian, tetap memastikan kehigienisan kedua tangan dan tidak menyentuh wajah, apalagi saat berada di luar, adalah sesuatu yang wajib diprioritaskan, selain mengenakan masker wajah tentunya.(ruf/fin/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI