Eks Pemimpin Yahudi Meninggal karena Corona

Senin, 13 April 2020 14:11

Wabah Covid-19 di Israel.

FAJAR.CO.ID – Mantan kepala rabi Yahudi di Israel, Eliahou Bakshi-Doron, dilaporkan meninggal setelah terinfeksi virus corona (Covid-19) pada Minggu (12/4).

Bakshi-Doron mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Shaare Tzedek, Yerusalem, setelah menjalani perawatan selama beberapa hari terakhir.

Pihak rumah sakit menuturkan kondisi pria 79 tahun itu terus memburuk lantaran memiliki komplikasi penyakit selain Covid-19.

Bakshi-Doron pernah menjadi kepala rabi di kota pelabuhan Haifa selama 18 tahun sebelum diangkat menjadi kepala rabi Sephardic Israel selama 1993-2003.

Bakshi-Doron pernah bertemu dengan Paus John Paul II pada 2000 saat pemimpin umat Katolik dunia itu mengunjungi Israel pada 2000. Pertemuan keduanya memicu kritik keras dari para rabi ortodoks dan konservatif.

Namun, reputasinya meredup ketika ia divonis satu tahun penjara karena korupsi dan melanggar kepercayaan pada 2017 lalu.

Dilansir AFP, Bakshi-Doron merupakan rabi yang dikenal berpandangan liberal dan advokat dialog antar-agama. Ia merupakan salah satu pemuka Yahudi di Israel yang berupaya memperkuat relasi dengan umat agama lain seperti Islam dan Kristen.

Sementara itu, berdasarkan data Worldometer per Senin (13/4), sejauh ini Israel memiliki kasus corona sebanyak 11.145 pasien dengan 103 kematian.

Lihat juga: Lewati Puncak Wabah, Italia Catatkan Kematian Terendah Corona

Sejumlah pejabat Israel termasuk Menteri Kesehatan Yaakov Litzman dan istrinya turut terinfeksi virus yang telah menyebar ke 210 negara dan wilayah di dunia itu.

Komentar


VIDEO TERKINI