Gugur Saat Bertugas, Tenaga Medis Diusulkan Terima Anugerah Bintang Mahaputra

Senin, 13 April 2020 12:11

Tenaga Medis mendapat insentif dari pemerintah. (FAJAR)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mendorong pemerintah untuk memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada petugas medis yang gugur saat berjuang di garda terdepan melawan pandemi virus Corona (Covid-19).

Menurutnya, dokter dan tim medis yang gugur adalah pahlawan kemanusiaan dan selayaknya dianugerahi tanda jasa atau kehormatan negara atas pengabdiannya, hingga mengorbankan nyawa.

“Saya menilai tim medis ini telah melakukan pengabdian kepada kemanusiaan, jauh melebihi panggilan tugasnya,” kata Hasanuddin dalam rilis dikutip dari dpr.go.id, Minggu (12/4/2020).

Politisi dari Fraksi PDI-Perjuangan ini menuturkan, pejuang kesehatan yang terdiri dari dokter dan para medis rela melakukan tugas mulia menyelamatkan pasien Covid-19. Padahal mereka tahu hal tersebut berisiko kematian. Semua tugas, dilaksanakan dengan ikhlas tanpa menolaknya dan tanpa pandang bulu.

“Atas pengabdiannya ini rasanya sangat layak dan telah memenuhi syarat, bila negara memberikan tanda kehormatan negara seperti Bintang Mahaputra atau Bintang Jasa Negara, sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Kehormatan,” sambungnya.

Dia menambahkan, tak muluk-muluk juga bila setelah situasi mereda dan pandemi sudah berlalu, jasad para tim medis yang meninggal dunia ini dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan sebagai bentuk kehormatan dari Negara.

Selain tanda kehormatan, dia juga mengusulkan agar negara hadir memberikan insentif yang layak bagi keluarga para tenaga medis yang ditinggalkan.

Bagikan berita ini:
2
3
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar