Harga Mbappe, Neymar, Messi, hingga Ronaldo Turun Ratusan Miliar, Ini Perbandingan Harga Maret dan April

Senin, 13 April 2020 17:29

Label harga pemain bintang Maret lalu. (Foto: MARCA)

FAJAR.CO.ID, PARIS—Wabah virus corona bukan hanya menggerus pendapatan para bintang sepak bola dunia. Harga pasar mereka juga ternyata terkena dampak luar biasa. Ini menjadi kerugian besar bagi klub.

MARET lalu, Kylian Mbappe yang menempati daftar puncak Most Valuable Players versi Transfermarkt berharga 200 juta euro. Jika dirupiahkan, pemain berusia 21 tahun itu punya nilai pasar sekitar Rp3,4 triliun dan menjadi pemain paling bernilai di dunia.

Sementara per April ini, bintang tim nasional Prancis milik klub Paris saint Germain (PSG) itu berharga 180 juta euro atau sekitar Rp3,111 triliun. Itu berarti ada penurunan harga sekitar Rp300 miliar lebih.

Winger Manchester City, Raheem Sterling dan superstar PSG lainnya, Neymar yang menjadi pemain dengan nilai tertinggi kedua serta ketiga di dunia bahkan mengalami penurunan harga lebih drastis. Harga keduanya turun hingga Rp500 miliar.

Pada pertengahan Maret lalu, kedua pemain ini bernilai 160 juta euro atau sekitar Rp2,7 triliun. Sedangkan harga pasar mereka hingga sore kemarin menurut Transfermarkt hanya tinggal 128 juta euro atau sekitar Rp2,212 triliun.

Khusus Neymar, harga pasar ini sudah jauh di bawah dana yang dikeluarkan PSG ketika membajaknya dari Barcelona, musim panas 2017 silam. Saat itu, klub kaya raya Prancis itu membayar Rp3,4 triliun untuk mengangkut kapten Brasil itu dari Camp Nou.

Jatuhnya harga pemain seperti Neymar jelas menjadi kerugian besar bagi PSG. Jika Neymar ngotot untuk kembali ke Barcelona, musim panas mendatang, uang yang bisa mereka dapatkan dari hasil penjualannya hampir bisa dipastikan akan jauh di bawah pengeluaran mereka tiga tahun lalu.

Penurunan harga drastis juga dialami Sadio Mane, Mohamed Salah, Harry Kane, dan Kevin de Bruyne. Keempatnya pada Maret bernilai 150 juta euro atau sekitar Rp2,6 triliun. Tapi, sekarang harga mereka hanya 120 juta euro atau sekitar Rp2,07 triliun.

Pemain terbaik dunia, Lionel Messi juga mengalami degradasi nilai sekitar Rp500 miliar. Kejatuhan harga dari Rp2,4 triliun menjadi hanya sekitar Rp1,9 triliun membuat kapten Barcelona itu turun ke posisi kesembilan daftar Most Valuable Players versi Transfermarkt.

Posisinya delapan diambil alih winger 19 tahun Borussia Dortmund, Jadon Sancho. Pemain muda Inggris tersebut memang juga mengalami penurunan harga. Hanya saja, nilai pasarnya hanya turun Rp100 miliar lebih, yakni dari Rp2,2 triliun menjadi sekitar Rp2,02 triliun.

Namun, Messi masih lebih “beruntung” dibandingkan rekannya di Barca, Antoine Griezmann. Penyerang timnas Prancis itu harus terlempar dari 10 besar daftar pemain paling bernilai sejagad setelah harganya turun dari Rp2 triliun menjadi Rp1,65 triliun.

Pemain muda Liverpool, Trent Alexander-Arnold saat ini menjadi nama terakhir di 10 besar. Bek kanan Inggris itu berharga 99 juta euro atau sekitar Rp1,71 triliun. Tapi, seperti halnya pemain bintang lainnya, Arnold juga mengalami penurunan harga dari yang sebelumnya di kisaran 110 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun.

Bagaimana dengan Cristiano Ronaldo ? Superstar Juventus itu tetap di posisi ke-46 dalam daftar Most Valuable Players.Harga CR7 Maret lalu adalah 75 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun. Sementara saat ini, penyerang 35 tahun itu menurut Transfermarkt bernilai 60 juta euro atau Rp1,03 triliun.

Ronaldo bersama Aymeric Laporte, Marco Verratti, dan Mauro Icardi adalah barisan terakhir pemain yang berharga satu triliun ke atas. Gabriel Jesus, Arthur, Ousmane Dembele, dan Lucas Hernandez keluar dari daftar pemain “Level 1 T” setelah nilai pasar mereka turun ke angka 56 juta euro atau sekitar Rp967 miliar. (amr)

MOST VALUABLE PLAYERS (versi Transfermarkt)

Komentar


VIDEO TERKINI