Klaster Baru dari Kapal

Senin, 13 April 2020 13:40

Grafis FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Semua pihak harus waspada. Sebagian kapal menjadi satu klaster Covid-19.

KAPAL Motor (KM) Lambelu saat ini menjadi salah satu kapal yang diwaspadai dan dijaga ketat. Hasil rapid test (tes cepat), terdapat 26 orang positif Covid-19.

Kapal itu kini berlabuh di perairan Makassar, sekitar dua mil dari Pelabuhan Makassar. Ada 146 orang anak buah kapal (ABK) dan mitra di atas kapal itu. Sebelumnya, kapal ini ditolak di Maumere, NTT, Selasa, 7 April lalu. Saat itu, baru tiga yang dilaporkan positif Covid-19.

Kepala Otoritas Utama Pelabuhan Makassar Rahmatullah mengatakan pihaknya sampai saat ini masih menunggu surat resmi hasil tes swab para penumpang. Ia sudah mendapat informasi bahwa 26 penumpang positif Covid-19 seusai hasil tes.

“Tetapi sesuai protokol, kita baru bersikap kalau ada surat resmi,” ujar Rahmatullah kepada FAJAR, Minggu, 12 April.

Meski begitu, besar kemungkinan para penumpang di KM Lambelu tak menginjakkan kaki di Pelabuhan Makassar. Termasuk yang menunjukkan hasil tes yang negatif. “Mereka tetap di dalam (kapal). Nanti ikuti prosedur kesehatan yang akan dipantau langsung dari kapal,” ungkapnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengatakan proses isolasi tetap berjalan. “Jika ada yang harus mendapatkan perawatan lanjutan di rumah sakit, maka nanti ada kapal kecil yang jemput,” terangnya.

Komentar