Klaster Baru dari Kapal

Senin, 13 April 2020 13:40

Grafis FAJAR

Sebelumnya Iqbal menegaskan penumpang kapal yang terdiri dari awak dan mitra tak boleh merapat di pelabuhan. Posisi kapal juga sekitar dua mil dari pelabuhan.

Hasil Resmi

Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Kadarislam Kasim mengatakan tim medis Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar sudah melakukan pemeriksaan rapid test. Hasil resminya sedang ditunggu.

“Iye, diperiksa kemarin (Sabtu, 11 April). Karena ada 3 yang positif waktu d cek di Maumere. Kemarin sudah dicek oleh lagi tim KKP. Sementara menunggu hasil. Nanti disampaikan oleh tim kesehatan,” katanya.

Kapal tersebut tidak terlepas dari penjagaan. Ada lima petugas kepolisian berpatroli di sepanjang perairan agar seluruh ABK beserta mitranya tidak meninggal kapal. “Kalau di atas kapal ada sekuritinya,” ujarnya.

Status KM Lambelu sudah dikarantina. Tidak ada penumpang yang boleh turun tanpa ada persetujuan dari pejabat yang berwenang, dalam hal ini KKP. KM Lambelu berlabuh di perairan Makassar sejak Rabu, 8 April.

“Jika hasil pemeriksaannya sudah keluar akan dikarantina 14 hari. Dan penumpang (ABK dan mitra) diatas diisolasi mandiri, karena mereka punya kamar masing-masing,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari sudah menyampaikan hasil pemeriksaan sementaranya, kemarin. Dalam siarannya, disebutkan, ada 26 awak KM Lambelu yang dinyatakan positif Covid-19.

“Kami melakukan uji swab kepada 42 kru KM Lambelu. Hasilnya 26 positif, 16 negatif,” ungkapnya.

Komentar