Komisi D DPRD Makassar Sambut Baik Wacana Perbaikan Kualitas Guru

Senin, 13 April 2020 17:50

Ilustrasi guru.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rencana peningkatan kualitas praktikum bagi guru yang diwacanakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim disambut baik dari berbagai pihak.

Nadiem mengharapkan kriteria guru yang memiliki kemampuan ganda, tidak hanya pada pengetahuan namun kemampuannya dalam mengajar.

“Selama ini kemampuan guru hanya dinilai dari kompetensinya, mestinya dilihat bagaimana dia mengajar, berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa,” ucap Nadiem.

Menyambut hal itu, Anggota Komisi D Bidang Kesra DPRD Kota Makassar, Al Hidayat Syamsu menilai, peningkatan praktikum terutama bagi guru honorer merupakan kesempatan yang baik memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.

“Di Kota Makassar itu sangat dibutuhkan, mutu pendidikan turun, karena kualitas dan pengetahuan, pelatihannya sangat minim yang ada guru-guru di Kota Makassar, perlu diperbanyak berdasarkan rekomendasi Pak Nadiem,” ungkapnya Senin (13/4/2020).

Menurut Hidayat, saat ini Kota Makassar masih tertinggal dalam hal kualitas SDM, terutama di tingkat pendidikan.

Mengenai penerapan, dirinya menilai akan berbenturan degan permasalahan saat ini, yaitu pandemi Covid 19. Sehingga kemungkinan paling tepat penerapan perdana tersebut akan dilakukan via daring. (ikbal/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI