Konsumsi Kunyit, Ini 7 Kandungan untuk Perkuat Imun Tubuh

Minuman kunyit dipercaya bisa memberikan khasiat bagi kesehatan. (Organic Facts)

FAJAR.CO.ID– Kunyit adalah bumbu dapur yang khas berwarna kuning oranye. Sebagai obat, kunyit dipercaya bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Kunyit juga digunakan untuk perlindungan terhadap infeksi dan untuk kecantikan. Dilansir dari NDTV, Senin (13/4), kunyit adalah salah satu sumber makanan kaya zat besi 67,8 mg per 100 gram bubuk kunyit. Satu sendok teh (3 gram) bubuk kunyit memberikan 2 mg zat besi (10 persen dari kebutuhan harian orang dewasa).

Dengan pandemi virus Korona, kunyit bisa memberi perlindungan 100 persen bagi tubuh terhadap Covid-19, dan bisa mencegah tubuh dari infeksi. Beberapa bahan kandungan dalam kunyit bisa menjadi faktor pendukung untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Curcumin

Curcumin mengandung polifenol yang aktif dan bertanggung jawab atas warna kuning cerah yang indah. Curcumin memiliki efek antioksidan, anti-inflamasi, antibakteri dan penyembuhan luka. Penelitian sedang dilakukan untuk mempelajari potensinya dalam mengobati kondisi seperti radang sendi, kanker, penyakit kardiovaskular dan radang usus. Penelitian telah menunjukkan aksi penghambatan ekstrak kunyit terhadap beberapa mikroba patogen, seperti tukak lambung yang menyebabkan Helicobacter pylori.

Molekul kecil yang ditemukan dalam kunyit, digunakan dalam pengobatan alternatif untuk mengobati peradangan, stres dan banyak kondisi lainnya. Sejumlah penelitian telah menemukan curcumin memiliki efek anti-kanker di laboratorium.

“Di dunia Barat, permintaan pada rempah-rempah termasuk kunyit sebagai obat alternatif mulai meningkat karena dianggap sebagai penyembuhan,” kata Profesor di Universitas Yale, Paul Freedman seperti dilansir dari laman BBC.

Komentar

Loading...