Kuatkan Sistem Imun Tangkal Corona, Ahli Gizi: Minum Sarabba

Senin, 13 April 2020 09:35

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mewabahnya virus corona (Covid-19) di Sulsel membuat pakar gizi menyarankan minum sarabba. Jahe sebagai salah satu bahan utama dari sarabba dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Ketua DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Sulsel, Nadimin menyebut bahwa, jahe yang merupakan bahan utama sarabba memang mampu menangkal berbagai macam virus utamanya corona.

“Sarabba terbuat dari bahan diantaranya adalah jahe. Bahan seperti jahe, kunyit, temulawak dan sebagainya mengandung senyawa yang bisa meningkatkan imunitas yang tentu dapat membantu menangkal corona,” ujarnya, Minggu (12/4/2020)

Hal serupa diungkapkan Dosen Ilmu Gizi Universitas Hasanuddin (Unhas), Aminuddin Syam. Ia menjelaskan bahwa, jahe merupakan anti oksidan yang kuat. Kandungan anti oksidan dalam jahe memang terbukti secara alami meningkatkan sistem imunitas tubuh.

“Bisa juga karena jahenya juga mengandung anti oksidan,” kata Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas ini, Minggu (12/4/2020).

Sarabba sendiri merupakan minuman khas masyarakat Sulawesi Selatan, yang sudah sejak lama dikonsumsi masyarakat utamanya di Kota Makassar. Bahkan jauh sebelum virus corona mewabah.

Sementara itu, selain sarabba, adapun minuman berbahan rempah jahe lainnya, ialah wedang jahe, ronde atau sekoteng. Minuman tersebut menjadi favorit bagi masyarakat di pulau Jawa. (ikbal/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI