Mantan Kepala Rabbi Yahudi Eliyahu Bakshi-Doron Meninggal karena Corona

Senin, 13 April 2020 13:22

Mantan Kepala Sephardi Rabbi Eliyahu Bakshi-Doron meninggal karena virus corona. (FOTO From Israel Hayom)

FAJAR.CO.ID, YERUSALEM– Mantan Kepala Rabbi Yahudi di Israel Eliyahu Bakshi-Doron dilaporkan meninggal dunia pada Ahad (12/4) kemarin setelah tertular virus corona.

Rabi berusia 79 tahun itu menderita beberapa komplikasi penyakit sebelum diserang covid-19.

Rabi itu dirawat di rumah sakit di Pusat Medis Shaare Zedek di Yerusalem pekan lalu setelah ia didiagnosis menderita COVID-19.

Kondisinya kemudian berangsur memburuk sepanjang Ahad kemarin, para dokter telah berusaha menyelamatkan hidupnya.

Dilahirkan di Yerusalem pada tahun 1941, Bakshi-Doron memulai karirnya di Bat Yam. Dia dikenal sebagai penganjur dialog antaragama dan meningkatkan keterlibatan dengan para pemimpin Muslim dan Kristen.

Dia dinobatkan sebagai kepala rabbi Sephardi – rabi top negara untuk orang-orang Yahudi dari Timur Tengah dan keturunan Afrika Utara – pada tahun 1993 dan memegang posisi itu sampai tahun 2003, ketika dia digantikan oleh Rabi Shlomo Amar.

Namun reputasinya agak ternoda ketika dia dijatuhi hukuman penjara satu tahun karena korupsi pada tahun 2017.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, “Tragisnya, Rabi Bakshi-Doron mengontrak virus corona dan upaya dokter untuk menyelamatkannya tidak berhasil. Rabi Bakshi-Doron adalah mata rantai penting dalam beasiswa Taurat para Sage Spanyol. Dia melayani sebagai panduan untuk semua komunitas Israel, di Israel dan di dunia,” kata Benjamin Netanyahu dilansir Israel Hayom, Senin (13/4).

Bagikan berita ini:
7
7
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar