Perlu Aplikasi Pembukuan Digital UMKM? Ini Solusinya

Perlu Aplikasi Pembukuan Digital UMKM? Ini Solusinya

FAJAR.CO.ID– Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) memang memiliki peran sangat penting dalam menopang perekonomian Indonesia. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah unit usaha UMKM dibandingkan dengan bisnis berskala besar, serta banyaknya tenaga kerja yang dapat diserap oleh UMKM.

UMKM juga dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang saat ini masih bergerak di level 5%. UMKM dianggap mampu menopang ekonomi bangsa ditengah gonjang-ganjing situasi ekonomi global.

Namun dengan peran dan peluang besar yang dimiliki UMKM, perkembangannya saat ini masih belum optimal, sehingga pertumbuhannya perlu diakselerasi, salah satunya dengan mendorong para pelaku UMKM untuk bisa go online dengan cara memanfaatkan internet, termasuk aplikasi digital, untuk mengembangkan bisnis mereka.

Pandangan positif dari banyak pihak meyakini bahwa produk-produk UMKM lokal bisa berjaya di pasar global. Tetapi, jumlah UMKM yang sudah go online saat ini masih relatif sedikit dibandingkan dengan jumlah keseluruhannya.

Berdasarkan data terbaru dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, dari total sekitar 60 juta UMKM yang ada di Indonesia, baru sekitar 9.4 juta UMKM yang go online. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM beserta Kementerian Kominfo, telah menargetkan untuk meng-online-kan 8 juta UMKM sampai dengan tahun 2020 ini.

Dengan banyaknya peluang yang terbuka lebar untuk kemajuan UMKM di Indonesia, seberapa mampukah mereka untuk dapat menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka secara profesional di tengah persaingan yang semakin ketat?

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...