Provokator Rusuh Lapas Tuminting Manado, 41 Narapidana Diamankan

Senin, 13 April 2020 12:02

FAJAR.CO.ID, MANADO– Jajaran Polda Sulawesi Utara (Sulut) meringkus 41 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuminting, Manado. Mereka diduga sebagai provokator atas kerusuhan di lapas tersebut pada Sabtu (11/4).

“Telah diamankan sebanyak 41 narapidana termasuk 18 orang para provokator terjadinya kerusuhan. Semuanya narapidana kasus narkoba,” kata Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjen PAS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkuham) Tejo Harwanto dalam keterangannya, Senin (13/4).

Tejo memastikan narapidana yang terlibat kerusuhan diproses secara hukum dan dijatuhi sanksi. Para narapidana yang menjadi inisiator kerusuhan siap dipindah ke Nusakambangan.

“Mereka akan diperiksa dan diselidiki lebih lanjut,” ucap Tejo.

Pelaksana tugas (Plt) Dirjen PAS Nugroho menambahka, kondisi lapas saat ini berangsur kondusif. Akibat kerusuhan Sabtu (11/4), sejumlah fasilitas di area Lapas mengalami kerusakan dan terbakar.

Adapun fasilitas yang rusak dan terbakar itu di antaranya, Blok hunian narapidana. Yaitu Blok D, Blok E dan Blok F yang diperuntukkan untuk masa pengenalan lingkungan (Mapenaling), narapidana Tipikor (Tindak pidana tipikor), dan narapidana Narkoba. Kerusuhan juga merusak poliklinik, kantin, dan bengkel kerja.

Sedangkan Blok Hunian A, B dan C, gedung perkantoran, dapur serta ruang registrasi relatif masih dalam kondisi baik. “Perlengakapan senjata api lapas tetap terjaga dan aman. Alhamdulillah kondisi sudah aman dan kondusif,” beber Nugroho.

Komentar