Si Kucing, Mantan Kiper Chelsea dan Inggris Meninggal Dunia

Senin, 13 April 2020 10:28

Mantan pemain Chelsea Peter Bonetti meninggal dunia. (Foto: Getty)

FAJAR.CO.ID, LONDON—Kabar duka datang dari Premier League Inggris. Kiper legendaris Chelsea, Peter Bonetti dilaporkan meninggal dunia setelah perjuangan panjang melawan penyakitnya.

Bonetti membuat 729 penampilan untuk Chelsea selama dua periode di klub. Selama itu, ia mencatatkan 208 clean sheet. Ia dijuluki “Si Kucing” karena refleksnya yang luar biasa. Bonetti berada di urutan kedua dalam daftar klub untuk penampilan terbanyak di belakang Ron Harris. Bonetti membantu Chelsea promosi dari Divisi II pada tahun 1963 dan 1977. Ia juga membantu The Blues memenangkan Piala Liga pada tahun 1965, Piala FA pada tahun 1970 dan Piala Winners Eropa pada tahun 1971 dimana saat itu Chelsea mengalahkan Real Madrid di final. Dalam sebuah pernyataan, Chelsea mengatakan semua orang di Stamford Bridge memuja Benotti. Menurut mereka, Benotti yang meninggal di usia 78 tahun adalah penjaga gawang yang sangat cekatan.

Benotti menurut Chelsea sangat piawai menggagalkan peluang lawan. “Posisi Peter Bonetti di jajaran dewa sepakbola Chelsea tidak dapat disangkal,” demikian pernyataan Chelsea dikutip dari NZ Herald.

Khusus di timnas Inggris, Bonetti mencatatkan tujuh caps. Ia kebobolan satu gol dalam enam pertandingan pertamanya. Sebagian besar karier internasionalnya dihabiskan sebagai cadangan untuk Gordon Banks.

Meski minim caps, Benotti adalah anggota skuat Inggris yang memenangi Piala Dunia 1966 saat mereka menjadi tuan rumah. Namun, Alf Ramsey tidak sekalipun memainkannya. Ia harus menunggu sampai tahun 1970 untuk membuat penampilan di Piala Dunia.

Debutnya di Piala Dunia datang ketika Banks jatuh sakit sebelum perempat final saat mereka akan menghadapi Jerman Barat. Dengan tidak lebih dari satu jam untuk persiapan, Bonetti melakoni debut buruk.

Inggris sempat memimpin 2-0 namun kesalahan Benotti membuat Jerman Barat bisa menyamakan kedudukan. Setelah dua kesalahan itu, ia kebobolan satu gol lagi yang membuat Inggris kalah 2-3. Sejak itu, dia tidak pernah lagi bermain untuk Inggris. Meskipun karier internasionalnya berjalan sulit, Bonetti tetap menjadi pilihan utama Chelsea. Ia bermain bersama The Blues hingga memasuki usia 30-an. Dari Chelsea, ia melanjutkan kariernya bersama Dundee United. Bonetti kemudian pensiun. Ia sempat melakukan beberapa pekerjaan termasuk bekerja sebagai tukang pos sebelum akhirnya kembali ke lapangan menjadi pelatih spesialis penjaga gawang. (amr)

Komentar


VIDEO TERKINI